Sabtu, 30 Juni 2012

Arsitektur Search Engine


Berikut ini nama-nama arsitektur search engine:
Spider
Program search engine untuk mengambil halaman-halaman yang ditemukannya, hampir mirip dengan browser. Perbedaannya adalah jika spider tidak kelihatan karena ditujukan kepada mesin yang langsung disimpan pada database mereka, sedangkan browser ditujukan kepada manusia yang langsung menampilkan informasi baik berupa teks, gambar, dan sebagainya.
Crawler
Program yang dimiliki search engine yang menelusuri setiap link yang ada di sebuah website.
Tugasnya adalah untuk membantu spider untuk menentukan arah yang akan ditujunya sekaligus mengevaluasi link tersebut.
Indexer
Satu komponen search engine yang bertugas untuk mendeskripsikan suatu halaman website dan menganalisa berbagai unsur di dalamnya, seperti pada penulisan title, penulisan huruf, keyword-keyword yang ada di konten sehingga dengan demikian akan mengenal web tersebut lebih jauh lagi terutama dalam menganalisa suatu keyword di dalamnya.
Database
Komponen search engine yang bertugas sebagai tempat meletakkan data-data sebelumnya yang telah di download Spider serta tempat yang digunakan oleh Indexer dalam menganalisa web.
Result Engine
Result engine merupakan program yang bertugas menggolongkan suatu website dan menentukan suatu ranking dalam hasil pencarian yang diminta oleh user. Program ini menganalisa siapa yang masuk kriteria utama dalam pencarian suatu keyword yang diminta oleh pengguna. Data yang pertama muncul terntunya data yang telah memenuhi kriteria-kriteria search engine dan kaidah tertentu yang ditentukan oleh search engine.
Web Server
Web server merupakan komponen terakhir pada search engine yang berfungsi melayani permintaan kepada user yang merupakan umpan balik dari permintaan user tersebut. Web server merupakan bagian central dan penentu terhadap apa saja yang diminta oleh user.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar