Senin, 28 April 2014

Akuntansi Biaya



AKUNTANSI BIAYA

Akuntansi biaya adalah suatu prosedur untuk mencatat dan melaporkan hasil pengukuran dari biaya pembuatan barang atau jasa (Menurut Schaum).
Akuntansi biaya adalah penghitungan biaya dengan tujuan untuk aktivitas perencanaan dan pengendalian, perbaikan kualitas dan efisiensi, serta pembuatan keputusan yang bersifat rutin maupun strategis (Menurut Carter dan Usry).
Jadi dapat disimpulkan definisi akuntansi biaya menurut saya adalah suatu prosedur penghitungan, pencatatan dan analisa terhadap biaya-biaya untuk membuat barang atau jasa.
Objek-objek biaya terdiri dari 5, yaitu:
1.      Produk, proses
2.      Batch dari unit-unit sejenis, departemen
3.      Pesanan pelanggan, divisi
4.      Kontrak, proyek
5.      Lini produk, tujuan strategis
Akuntansi biaya juga salah satu bidang yang harus dikuasai oleh manajemen karena untuk memonitor dan merekam transaksi biaya dan lalu untuk menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan. Manfaat akuntansi biaya adalah sebagai perencanaan mengenai biaya yang akan dikeluarkan perusahaan, serta manfaatnya bagi manajemen yaitu sebagai pengambilan keputusan. Pengelompokan dalam akuntansi biaya yaitu Actual Cost System dan Standar Cost System. Actual Cost System adalah jika harga produk atau pesanan dibebankan sesuai dengan harga pokok yang dihabiskan untuk membuat produk tersebut. Sedangkan Standar Cost System adalah jika harga pokok dibebankan di awal atau disepakati sebelum proses produksi dilakukan.
Macam-macam biaya dalam perusahaan berdasarkan fungsi pokok perusahaan yaitu biaya produksi yang meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan  biaya tidak langsung. Macam-macam biaya berdasarkan periode akuntansi yaitu biaya pengeluaran modal dan pengeluaran penghasilan. Sedangkan menurut pengaruh perubahan volume kegiatan yaitu biaya tetap, biaya variabel dan biaya semivariabel.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar