Jumat, 25 November 2011

PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE


PERKEMBANGAN BISNIS ONLINE
Sebelum saya menjelaskan tentang perkembangan “Bisnis Online”, terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa itu “bisnis online”. Bisnis online adalah segala kegiatan bisnis yang dilakukan secara online dengan menggunakan media internet. Bagi yang belum pernah mengetahui tentang bisnis online tentunya sangat sulit membayangkan kegiatan bisnis yang satu ini.
Pada abad ini pertumbuhan dan perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Beda halnya seperti pada saat beberapa abad sebelumnya. Pada saat ini makin banyak orang yang melakukan transaksi jual-beli atau melakukan kegiatan berbisnis dengan berbagai macam cara, Salah satu cara untuk melakukan kegiatan berbisnis yaitu dengan cara memanfaatkan teknologi yang ada saat ini yaitu dengan melakukan berbisnis secara online.
Berbisnis secara online ini merupakan salah satu cara pebisnis untuk bisa mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dengan memanfaatkan media internet (online). Selain bisa mendapatkan keuntungan yang begitu besar, berbisnis secara online ini juga bisa membuat proses transaksi jual-beli lebih efisien dan konsumen pun tidak perlu mendatangi satu per satu produsen atau penjual.
Perkembangan bisnis online setiap saat semakin menunjukan peningkatan positif. Pada kegiatan berbisnis secara online ini tidak perlu diragukan lagi. Prospek bisnis online masih sangat menjanjikan. Mengingat jumlah pengguna internet setiap harinya semakin bertambah. Seiring berkembangnya zaman, maka banyak sekali orang yang menggunakan internet sebagai sarana untuk berbisnis.
Pada pertengahan tahun 2007, perkembangan jumlah pengguna internet di Indonesia kurang lebih 18-20 juta user. Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hingga pada tahun 2010 diperoleh data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bahwa pengguna internet sudah mencapai angka 45 juta. Pertumbuhan jumlah pengguna internet di tahun 2011 juga diprediksikan akan mengalami peningkatan yang sangat baik, bahkan para pengamat memprediksikan tahun ini jumlah pengguna internet di Indonesia sudah lebih dari 50 juta orang.
Meningkatnya pengguna internet setiap harinya, memberikan keuntungan besar bagi seseorang yang melakukan bisnis online. Sebab dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, maka peluang besar mereka pun semakin terbuka lebar. Tak heran jika belakangan ini, banyak orang yang mencoba peruntungan mereka dengan membuka berbagai peluang bisnis melalui dunia maya.
Sekarang ini, bukan hanya penguasa internet seperti google dan facebook saja yang bersaing melakukan inovasi-inovasi baru untuk meramaikan pasar internet. Para pemula juga mulai bermunculan dengan membawa konsep bisnis yang beragam, untuk membidik sasaran pasar tertentu. Tentu hal tersebut akan mewarnai persaingan bisnis online di tahun 2011 ini.
Ada beberapa hal yang mendukung perkembangan bisnis online di tahun 2011. Berikut ini tiga hal yang mendukung tentang perkembangan bisnis secara online:
1.      Jumlah pengguna internet yang terus meningkat selama beberapa tahun ini. Hal tersebut menjadi ladang empuk bagi para pelaku bisnis online, sebab semakin banyak orang menggunakan internet artinya pasar dunia maya juga makin terbuka. Hal ini bisa dilihat dari terciptanya pasar potensial di facebook, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna situs jejaring tersebut.
2.      Daya beli konsumen melalui internet juga mengalami peningkatan. Ini merupakan awal yang sangat baik, karena kepercayaan masyarakat terhadap transaksi online menjadi modal utama seseorang agar sukses menjalankan bisnis online.
3.      Perkembangan teknologi saat ini membuat internet bisa diakses dengan mudah dan murah. Bahkan kini internet sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat, bukan hanya bisa diakses melalui komputer saja. Tapi internet sudah bisa diakses dengan mudah dan cepat melalui ponsel.
Ketiga hal di atas akan sangat mendukung perkembangan bisnis online di tahun 2011. Lalu, bagaimana cara kita bisa memanfaatkan prospek bisnis yang semakin bagus? Berdasarkan sumber yang saya baca, berikut ini saya akan memberikan informasi tentang tips dan trik yang dapat kita coba :
  • Buat produk atau jasa yang banyak dibutuhkan masyarakat, di tahun 2011. Misalnya saja membuat ebook bisnis, video tutorial, atau memberikan informasi-informasi yang up to date dan banyak dicari masyarakat. Ini menjadi salah satu cara untuk menarik konsumen mengunjungi bisnis online yang kita buat.
  • Kita bisa menggunakan fasilitas media online seperti blog, website dan situs jejaring sosial yang banyak dikunjungi oleh masyarakat sebagai pasar potensial. Banyak orang betah berlama-lama membuka situs jejaring sosial seperti facebook dan twitter, kondisi ini bisa kita manfaatkan untuk memasarkan produk guna meningkatkan penjualan melalui online. Jika perlu buatlah tampilan blog dan website semenarik mungkin, agar konsumen tertarik untuk berkunjung.
  • Bukan hanya bisnis offline saja yang membutuhkan promosi, bagi “bisnis online” adanya promosi juga sangat penting. Mungkin bisa mencoba beberapa strategi promosi yang sudah pernah dibahas, pada artikel cara jitu mempromosikan blog.
  • Ciptakan peluang bisnis online yang belum ada di tahun sebelumnya. Masih banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan dari bisnis online. Yang terpenting, sebagai pelaku bisnis online harus jeli dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Karena kebutuhan mereka, bisa menjadi peluang bisnis baru bagi kita.
Di dalam berbisnis dengan menggunakan media online tentunya ada beberapa faktor penting yang berperan  dan memberikan pengaruh untuk lancarnya bisnis tersebut. Salah satu diantaranya yaitu peranan TI (Teknologi Informasi). Tanpa TI (Teknologi Informasi) mungkin proses  kegiatan berbisnis akan menjadi tersendat dan terganggu.
Salah satu contoh penerapan Teknologi Informasi dalam aspek kehidupan, yaitu “Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia bisnis”.
Kalau dilihat dari segi bisnis, seperti pada artikel diatas yang membahas tentang perkembangan bisnis online. Itu merupakan salah satu contoh penerapan TI (Teknologi Informasi) dalam menggeluti dunia bisnis. Setiap kali kita browsing di internet tentu banyak sekali iklan-iklan yang menawarkan berbagai jenis produk-produknya di perjualbelikan secara online. Secara tidak langsung peranan Teknologi Informasi inilah yang telah membuat bisnis online di Indonesia menjadi berkembang sangat pesat. Melalui Teknogi Informasi inilah kita bisa belajar bagaimana cara kerja dengan bisnis yang dilakukan secara online ini supaya bisnis online yang akan kita jalani dapat berjalan dengan lancar. Selain itu penerapan Teknologi Informasi dalam urusan berbisnis itu juga bisa mengajarkan kita cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan (konsumen) yang akan membeli produk kita.
Teknologi Informasi juga dapat memberikan bagaimana caranya supaya produk yang akan kita jual ini memiliki tampilan yang indah dan menarik serta memberikan info yang akurat tentang produk yang akan di jual agar para pelanggan tertarik dan berminat untuk membeli produk yang kita pasarkan di dalam media online ini. Dengan adanya Teknologi Informasi, tentunya para pebisnis tidak perlu lagi mencari tempat/kios untuk melakukan bisnis jual beli, karena seperti diketahui bersama berbisnis secara online ini hanya membutuhkan koneksi internet dan komputer saja. Tidak perlu lagi adanya pengeluaran untuk membayar karyawan karena bisnis online ini dapat berjalan secara individual jadi para pebisnis pun bisa irit biaya untuk keperluan yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar